Biografi Bill Gates: Pendiri Perusahaan Perangkat Lunak Terbesar Di Dunia - Didunia ini sebagian dari kita pasti tau siapa itu Bill Gates. Bill Gates atau William Henry Gates III adalah seorang multi miliuner yang namanya selalu berada diurutan pertama daftar orang-orang terkaya di dunia. Bill Gates adalah orang yang mendirikan Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia.Kita yang pernah menggunakan komputer desktop pastinya juga pernah memanfaatkan karyanya, ya salah satunya adalah sistem operasi Windows.

Bill Gates
Bill Gates lahir pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Ayahnya bernama William H Gates, Sr. Adalah seorang pengacara Dan ibunya bernama Marry Maxwell Gates adalah seorang anggota dewan direktur First Interstate Banc System. Jadi Bill Gates adalah anak dari keluarga yang cukup berada bahkan ada rumor jika kakeknya adalah seorang jutawan pula dimana saat Bill Gates lahir, ia secara hukum telah mendapat jatah warisan kekayaan kakeknya sebesar 1 juta dolar.

Bill Gates adalah anak ke dua dari empat bersaudara namun ia menyandang gelar Gates III karena memang generasi Gates yang ketiga. Yang pertama adalah kakeknya, yang kedua ayahnya dan yang ketiga dirinya. Jadi gelar Gates III bukanlah urutan lahirnya namun garis keturunan ke 3 dari keluarga Gates.

Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.

Dia cepat sekali menguasai BASIC,sebuah bahasa pemrograman komputer.Dia melewatkan waktu ber-jam-jam untuk menulis program,dan mempelajari banyak hal tentang komputer.Bill Gates kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama.Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft.

Pada tahun 1974 MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 baru saja diluncurkan,Bill Gates kemudian menghubungi MITS dan menawarkan operating system berbasis BASIC yang adapat dipakai sebagai platformnya.Dan MITS pun menyetujuinya.Sistem operasi pertamanya ini bernama Altair Basic.Bill Gates bersama Paul Allen memberikan nama perusahaan mereka dengan nama “Micro-soft”.Dilain waktu akhirnya tanda sambung itu dihilangkan hingga sekarang menjadi “Microsoft”.

Berkat kerja kerasnya perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation ini menjadi sukses dan Bill Gates menjadi seorang jutawan.Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia.Dibalik itu semua Bil Gates juga mendapat reputasi tidak baik dalam karirnya.Di tahun 1990 Bill Gates mendapat tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan Gates telah melakukan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil. Dan sekali lagi Bill Gates tersandung oleh hukum undang-undang bisnis Amerika Serikat pada tahun 1999.Pada tahun 2000, Bill gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif dan ia memilih kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaanya sendiri, Microsoft Corp.Pada awal tahun 2008,Bill Gates mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan berkonsentrasi pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya yaitu Bill dan Melinda Gates Foundation.

Dalam kehidupan peribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele gates (2002). Dengan istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan pederita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga.

FAKTA-FAKTA KEKAYAAN BILL GATES

  • Bill Gates menghasilkan US$250 setiap detiknya, itu sekitar US$20 juta sehari dan US$7,8 milyar setahun!
  • Jika dia menjatuhkan US$1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali karena sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.
  • Utang nasional Amerika sekitar US$5,62 trilyun, jika Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.
  • Dia dapat menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.
  • Michael Jordan adalah atlet yg dibayar paling mahal di Amerika. Jika dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekaya Bill Gates sekarang.
  • Jika Bill Gates adalah sebuah negara, dia akan menjadi negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi perusahaan Amerika terbesar nomor 13, bahkan melebihi IBM.
  • Jika semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak balik. Tapi jalan itu harus dibuat non stop selama 1.400 tahun dan menggunakan total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.
  • Pesawat ulang alik NASA kurang lebih seharga 1,7 milyar dolar ( Rp 14,5 triliun ). Bill Gates bisa membeli 23 buah dan masih menyisahkan Rp 7,6 triliun.
  • Berinternet dengan Telkomnet Instan, dengan tarif sekitar Rp. 10000 / jam, maka Bill Gates bisa berinternet 38812 abad NON-STOP.
  • Roman Abramovic, raja minyak Rusia yang membeli Chelsea, memiliki kekayaan sekitar 13,4 milyar dolar ( sekitar Rp 120,6 triliun). Kekayaan Bill Gates kurang lebih 5x Roman. Jadi jika Bill membeli sebuah klub bola, dia bisa belanja 5x lebih banyak dari Roman. Analoginya jika Chelsea belanja 200 juta dolar untuk beli pemain, maka klub yang dibeli Bill Gates akan belanja 1000 juta dolar, cukup untuk membuat klub elit yang pemainnya sekelas Ponaryo, Rooney, Ronaldo, Messi, Robinho, Kaka.
  • Bill Gates hanya butuh waktu kurang dari 1 detik untuk membeli sebuah Xbox atau PS2, atau sekitar 3 detik, maka ia akan mendapat Xbox, PS2, Gamecube lengkap dengan Televisi. Untuk memboyong sebuah mobil kijang, beliau hanya butuh waktu 80 detik. Mungkin beliau bisa berbasa-basi ngobrol dengan SPG nya selama 80 detik sambil menunggu penghasilannya mencapai 200 juta rupiah.
  • Jika tiket pesawat Boeing 747-400 sekitar USD 1200 ( sekitar Rp. 10 juta ), Bill Gates mampu membeli 261 pesawatnya bukan tiketnya.
  • Tapi! Jika pemakai Microsoft Windows dapat mengklaim US$1 untuk setiap kali komputernya hang karena Microsoft Windows, Bill Gates akan segera bangkrut dalam waktu 3 tahun!
Untuk mencapai semua itu tidak mudah,saat Bill Gates mengembangkan Microsoft, ia hanya tidur selama 8 jam saja seminggu itu berarti hanya satu jam lebih sedikit per hari. Usaha dan kerja kerasnya didukung oleh visi yang tinggi membuatnya meraih kesuksesan seperti saat ini.



24 komentar

Itu $250/detik dapat darimana aja gan.?

Kalau menurut saya itu didapat dari orang yang membeli produk-produk buatan Microsoft.Jadi ya setiap detik pasti ada aja yang membeli produknya.

wahh tinggal tidur gajian tuuhh

kisah hidupnya Bill Gates sangat menginspirasi gan :D

kekayaannya didapat karena kerja keras dari 0. mantap

b-( Wow mantap, jadi kepengen hehe

anak TKJ harus tau nih. nice post gan

jadi ngiler ama kekayaannya... hihihi

Wahh izin bookmark mumpung lgi ada tugas buat sekolah :D

Thanks Info gan, kebetulan tadi pagi disekolah guru membahas ini :)

Bukannya itu kemaren ya gan :v

Lengkap sekali gan biografinya, jd nambah wawasan

penghasilannya bikin ngiler
kudu kerja keras nih

menarik gan ,patut jadi inspirasi

waduh penghasilannya bikin ngiler. Sangat menginspirasi

wahh pendapatannnya gila itu gan, keren sekali
semoga para blogger nantinya akan kayak gitu juga penghasilannya

bill gates emang manteb dah penghasilannya gede banget berkat jerih payahnya belajar dan menggali ilmu dan hasilnya WOW banget

bener bener hebat ini si eyang. 10 detik bisa dapet 10 juta katanya.


EmoticonEmoticon